Evaluasi Emergent Strategy Bisnis PLTS Atap PT X sehubungan dengan Ketidakpastian Strategis Permintaan Pasar

Primisita Sutopo, Hilda Rossieta

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

PT X merupakan salah satu pengembang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di sektor komersial dan industri di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, terdapat suatu ketidakpastian strategis permintaan pasar sejak tahun 2022, terutama dipengaruhi oleh bargaining position Wilayah Usaha state-owned enterprise (Wilus SOE) yang sangat kuat. Wilus SOE memegang peranan sangat signifikan, diberikan prioritas dalam penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan umum sebagaimana diatur dalam regulasi, juga memiliki pangsa dominan (95 persen di tahun2020) sehingga membuatnya menjadi monopoly de facto di usaha ketenagalistrikan di Indonesia. Wilus SOE memiliki legitimasi sebagai distributor tenaga listrik sehingga memiliki wewenang dalam memberikan persetujuan kapasitas PLTS Atap. Mengacu pada situasi tersebut, penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi strategi yang direncanakan (intended strategy) PT X dan strategi yang muncul (emergent strategy) dalam mengadapi ketidakpastian strategis permintaan pasar. Analisis PESTEL (political, economic, sociocultural, technological, environmental, legal) dan kerangka five-forces (competitive rivalry, new entrants, substitute product, suppliers, customers) serta evaluasi emergent strategy digunakan sebagai kerangka penelitian ini. Dalam rangka memperkuat hasil analisis, juga dilakukan wawancara mendalam (in-depth inverview) dengan tim manajemen PT X. Berdasarkan rangkaian analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa bisnis PT X sangat dipengaruhi oleh faktor legal sementara faktor competitive rivalry (pesaing bisnis) dan customers (konsumen) memiliki tekanan/forces yang sangat kuat.Disisi lain, PT X telah menerapkan emergent strategy dengan baik dalam menghadapi ketidakpastian strategis permintaan pasar, sebagai upaya untuk mempertahankan profitabilitas perusahaan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi PT X dan pengembang PLTS Atap lainnya untuk memahami respon strategi (emergent strategy) supaya tetap kompetitif dalam implementasi bisnisnya
Original languageEnglish
Pages (from-to)297-309
JournalJurnal Manajemen dan Organisasi
Volume14
Issue number3
DOIs
Publication statusPublished - 5 Oct 2023

Keywords

  • Emergent strategy
  • five-forces
  • Ketidakpastian Strategis
  • PESTEL
  • PLTS Atap

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Evaluasi Emergent Strategy Bisnis PLTS Atap PT X sehubungan dengan Ketidakpastian Strategis Permintaan Pasar'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this