TY - JOUR
T1 - EVALUASI ANTARMUKA PROTOTYPE APLIKASI BERANDA LAYANAN DENGAN METODE HEURISTIC EVALUATION
AU - Galih reksa lingga respati, null
AU - Dana indra sensuse, null
PY - 2022/6/30
Y1 - 2022/6/30
N2 - Beranda Layanan (BELA) adalah aplikasi perkantoran berbasis mobile milik Kantor Staf Presiden (KSP) yang dikembangkan secara mandiri. BELA merupakan pengembangan dari aplikasi Dashboard Layanan, suatu sistem informasi berbasis web yang terdiri dari 20 modul layanan Kesekretariatan yang saling terintegrasi sebagai bentuk transformasi digital dari layanan internal KSP. Dalam tahapan pereancangan pengembangan BELA belum dilakukan analisis terhadap antarmuka aplikasi yang akan digunakan. Melalui wawancara terhadap pengguna diperoleh beberapa catatan penting mengenai kemudahan dan kenyamanan antarmuka aplikasi BELA yang sudah ada. Sebagai bentuk pengembangan lanjutan, maka dilakukan perancangan antarmuka prototype aplikasi BELA versi 2 dengan pendekatan User Center Design. Demo prototype dilakukan oleh 20 responden pegawai KSP yang aktif menggunakan aplikasi BELA. Selanjutnya responden menjawab 28 pernyataan berdasarkan 10 aspek Heuristic Evaluation melalui form online. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dari 28 pernyataan yang mewakili aspek Heuristic Evaluation tersebut, 24 item pernyataan memiliki nilai persentase diatas 65% dan termasuk dalam klasifikasi Baik dan Sangat Baik. Sementara itu 4 item pernyataan memiliki nilai dibawah 65% dan termasuk dalam klasifikasi Cukup Baik dan Kurang Baik pada aspek User Conrol and Freedom (p7) dan Help and Documentation (p26, p27, dan p28) sehingga perlu dilakukan perbaikan dan penambahan fungsi sesuai dengan rekomendasi yang telah diajukan.
AB - Beranda Layanan (BELA) adalah aplikasi perkantoran berbasis mobile milik Kantor Staf Presiden (KSP) yang dikembangkan secara mandiri. BELA merupakan pengembangan dari aplikasi Dashboard Layanan, suatu sistem informasi berbasis web yang terdiri dari 20 modul layanan Kesekretariatan yang saling terintegrasi sebagai bentuk transformasi digital dari layanan internal KSP. Dalam tahapan pereancangan pengembangan BELA belum dilakukan analisis terhadap antarmuka aplikasi yang akan digunakan. Melalui wawancara terhadap pengguna diperoleh beberapa catatan penting mengenai kemudahan dan kenyamanan antarmuka aplikasi BELA yang sudah ada. Sebagai bentuk pengembangan lanjutan, maka dilakukan perancangan antarmuka prototype aplikasi BELA versi 2 dengan pendekatan User Center Design. Demo prototype dilakukan oleh 20 responden pegawai KSP yang aktif menggunakan aplikasi BELA. Selanjutnya responden menjawab 28 pernyataan berdasarkan 10 aspek Heuristic Evaluation melalui form online. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data dari 28 pernyataan yang mewakili aspek Heuristic Evaluation tersebut, 24 item pernyataan memiliki nilai persentase diatas 65% dan termasuk dalam klasifikasi Baik dan Sangat Baik. Sementara itu 4 item pernyataan memiliki nilai dibawah 65% dan termasuk dalam klasifikasi Cukup Baik dan Kurang Baik pada aspek User Conrol and Freedom (p7) dan Help and Documentation (p26, p27, dan p28) sehingga perlu dilakukan perbaikan dan penambahan fungsi sesuai dengan rekomendasi yang telah diajukan.
KW - Prototype
KW - Interface
KW - User Center Design
KW - Heuristic Evaluation
UR - https://restikom.nusaputra.ac.id/article/view/90
U2 - 10.52005/restikom.v3i3.90
DO - 10.52005/restikom.v3i3.90
M3 - Article
SN - 2686-4800
VL - 3
SP - 130
EP - 139
JO - Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer
JF - Jurnal RESTIKOM : Riset Teknik Informatika dan Komputer
IS - 3
ER -