TY - JOUR
T1 - Efektivitas program peningkatan keterampilan dukungan kemandirian pada pengasuh anak usia toddler di TPA X
AU - Rahmanissa, Ulfa
AU - Indianti, Wahyu
PY - 2019
Y1 - 2019
N2 - Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pelatihan Dukungan Kemandirian dalam meningkatkan keterampilan pengasuh dalam mendukung kemandirian anak usia 18 - 36 bulan di TPA X. Pelatihan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan dasar experiental learning, pelatihan diberikan kepada 29 pengasuh yang bekerja di 3 cabang TPA X. Pemilihan subjek menggunakan teknik accidental sampling. Pelatihan ini dilakukan sebanyak 5 sesi dalam waktu 2 hari. Penelitian ini merupakan penelitian dengan one group pre-test post-test design, yakni hanya memiliki satu kelompok perlakukan tanpa kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada pretest dan post-test mengukur keterampilan dukungan kemandirian yang mengadopsi dari 18 praktik dukungan kemandirian Côté-Lecaldare yang kemudian dirancang oleh peneliti. Hasil pre-test dan post-test 1 diuji dengan non prametric Wilcoxon Signed Rank menunjukkan level signifikansi p.value 0,000 (<0,05). Perilaku stabil hingga post-test 2, uji non parametric Wilcoxon Signed Rank pada pre-test dan post-test 2 menunjukkan level signifikansi p.value 0,000 (<0,05). Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dengan post-test 1 dan post-test 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan Dukungan Kemandirian efektif dalam meningkatkan keterampilan dukungan kemandirian pengasuh terhadap anak usia toddler.
AB - Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pelatihan Dukungan Kemandirian dalam meningkatkan keterampilan pengasuh dalam mendukung kemandirian anak usia 18 - 36 bulan di TPA X. Pelatihan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan dasar experiental learning, pelatihan diberikan kepada 29 pengasuh yang bekerja di 3 cabang TPA X. Pemilihan subjek menggunakan teknik accidental sampling. Pelatihan ini dilakukan sebanyak 5 sesi dalam waktu 2 hari. Penelitian ini merupakan penelitian dengan one group pre-test post-test design, yakni hanya memiliki satu kelompok perlakukan tanpa kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan pada pretest dan post-test mengukur keterampilan dukungan kemandirian yang mengadopsi dari 18 praktik dukungan kemandirian Côté-Lecaldare yang kemudian dirancang oleh peneliti. Hasil pre-test dan post-test 1 diuji dengan non prametric Wilcoxon Signed Rank menunjukkan level signifikansi p.value 0,000 (<0,05). Perilaku stabil hingga post-test 2, uji non parametric Wilcoxon Signed Rank pada pre-test dan post-test 2 menunjukkan level signifikansi p.value 0,000 (<0,05). Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dengan post-test 1 dan post-test 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan Dukungan Kemandirian efektif dalam meningkatkan keterampilan dukungan kemandirian pengasuh terhadap anak usia toddler.
M3 - Article
SN - 2598-3075
JO - Jurnal Psikologi Sains dan Profesi
JF - Jurnal Psikologi Sains dan Profesi
ER -