Efektivitas program disability awareness dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang siswa berkebutuhan khusus

Rindya Ayu Murti, Elok Dianike Malay

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pengetahuan yang memadai tentang disabilitas merupakan hal penting bagi guru terutama ketika mereka menghadapi siswa berkebutuhan khusus. Salah satu cara untuk membekali pengetahuan tersebut ialah melalui disability awareness. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas program disability awareness dalam meningkatkan pengetahuan guru SD reguler mengenai siswa berkebutuhan khusus. Dua belas orang guru diuji dengan tes pengetahuan tentang siswa berkebutuhan khusus sebelum dan sesudah program disability awareness. Dengan analisis statistik paired-sample t-test, diketahui bahwa terjadi peningkatan pengetahuan guru tentang siswa berkebutuhan khusus yang signifikan setelah diberikan program disability awareness (t=4,244; df=11; p=0,001). Penerapan dari program ini dapat diberikan kepada guru-guru di SD reguler yang mengajar siswa berkebutuhan khusus.Kata kunci : siswa berkebutuhan khusus, anak berkebutuhan khusus, disability awareness, sekolah dasar, guru
Original languageEnglish
Journalinquiry: jurnal ilmiah psikologi
Publication statusPublished - 2019

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Efektivitas program disability awareness dalam meningkatkan pengetahuan guru tentang siswa berkebutuhan khusus'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this