EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Wilia Ismiyarti, Chairul Hudaya, Rodianto

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penyebaran covid-19 sangat berampak di semua sektor kehidupan, salah satunya ialah sektor pendidikan. Proses belajar mengajar yang awalnya dilakukan secara tatap muka langsung kini beralih menggunakan pembelajaran secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas metode pembelajaran online di masa pandemi covid-19 pada sebuah Perguruan Tinggi Swasta. Terdapat 3 metode dalam penelitian ini, yaitu metode pembelajaran sinkron, asinkron dan campuran dengan sifat penelitian adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk google form kepada 100 mahasiswa dan 60 dosen sebagai responden. Hasil penelitian pada responden mahasiswa menunjukan bahwa metode pembelajaran online campuran sangat efektif digunakan pada masa pandemi covid-19 dengan nilai rasio efektivitas sebesar 81 dan persentase 34%. sementara metode sinkron dan asinkron cukup efektif digunakan dengan persentase masing-masing 32% dan 33%. Namun, responden dosen menunjukkan bahwa ketiga metode tersebut cukup efektif digunakan dengan persentase pembelajaran sinkron 32%, asinkron dan campuran masing-masing 34%.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)1-7
JournalJurnal TAMBORA
Volume5
Issue number3
DOIs
Publication statusPublished - Oct 2021

Keywords

  • Metode Pembelajaran Evektivitas
  • Pandemi Covid-19

Cite this