EFEKTIVITAS LATIHAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MENINGKATKAN HARGA DIRI REMAJA PUTUS SEKOLAH

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Remaja merupakan periode kritis peralihan dari anak menjadi dewasa. Kejadian putus sekolah merupakan salah satu faktor pencetus yang dapat menyebabkan munculnya masalah dalam beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas latihan kepercayaan diri dalam meningkatkan harga diri remaja putus sekolah. Penelitian menggunakan desain quasi experimental with control group yang melibatkan 34 responden kelompok intervensi dan 29 responden kelompok kontrol berusia 12-18 tahun yang putus sekolah di jenjang pendidikan SD dan SMP. Kelompok intervensi diberikan latihan kepercayaan diri sementara kelompok kontrol diberikan stimulasi perkembangan psikososial remaja. Untuk mengetahui keefektifan terapi, dilakukan penilaian terhadap harga diri sebelum dan setelah intervensi menggunakan self-esteem questionnaire dengan nilai reliabilitas 0,76. Data hasil penelitian diolah menggunakan analisis bivariat uji beda dua mean dependen guna mengetahui perbedaan mean harga diri remaja sebelum dan setelah intervensi. Analisis statistik menunjukkan adanya perbedaan signifikan harga diri remaja setelah latihan kepercayaan diri (p value= 0,000) dibandingkan remaja setelah pemberian stimulasi perkembangan psikososial. Penelitian ini membuktikan bahwa latihan kepercayaan diri efektif dalam meningkatkan harga diri remaja. Terapi ini dapat dijadikan salah satu intervensi untuk mengatasi masalah harga diri rendah pada remaja putus sekolah.
Original languageEnglish
JournalJurnal Keperawatan
Publication statusPublished - 2019

Fingerprint Dive into the research topics of 'EFEKTIVITAS LATIHAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MENINGKATKAN HARGA DIRI REMAJA PUTUS SEKOLAH'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this