Efektivitas integrated financial management and information system (IFMIS) pada proses pelaporan keuangan pemerintah pusat

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Sistem informasi akuntansi pemerintahan mengalami evolusi dari sistem yang berdiri sendiri menjadi sistem yang terpadu melalui peluncuran Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) tahun 2014. Pemanfaatan sistem informasi pengelolaan keuangan yang baru ini memiliki peran penting dalam membantu pemerintah dalam menyusun Laporan Keuangan Pemerintah Pusat berbasis akrual. Namun, sayangnya penelitian terkait sistem informasi pada sektor publik masih sangat terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pemanfaatan sistem informasi dan pengelolaan keuangan terpadu dalam mendukung proses pelaporan keuangan pemerintah pusat di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan instrumen kuesioner kepada 230 pengguna sistem informasi terpadu yakni SPAN milik Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Penelitian ini menemukan bahwa sistem informasi terpadu pada pemerintahan di Indonesia telah efektif dalam mendukung pelaporan keuangan pemerintah yang ditunjukkan dengan kepuasan pengguna. Selain itu, faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dan manfaat sistem sebagai ukuran efektivitas sistem informasi adalah kualitas informasi.
Original languageEnglish
JournalJurnal Akuntansi dan Bisnis
Publication statusPublished - 2019

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Efektivitas integrated financial management and information system (IFMIS) pada proses pelaporan keuangan pemerintah pusat'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this