TY - JOUR
T1 - E-Learning Usability Evaluation Menggunakan Fuzzy Logic dan Usulan Alternatif Desain Interaktif Learning Management System (LMS) Chamilo
AU - Dikananda, Arif Rinaldi
AU - Santoso, Harry Budi
AU - Dana, Raditya Danar
AU - Sudrajat, Dadang
PY - 2019/8
Y1 - 2019/8
N2 - E-Learning sama seperti media pembelajaran pada umumnya perlu dievaluasi untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar efektifitas, efesien dan kepuasan pengguna terhadap kualitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengetahui dan mengevaluasi kualitas sebuah pembelajaran adalah dengan menggunakan usability evaluation .Pengukuran usabilitas memerlukan data yang berasal dari kuesioner yang disajikan menggunakan skala likert. Data tersebut menggambarkan persepsi pengguna yang memiliki ketidakpastian karena sangat bersifat subjektif sehingga berpotensi menimbukan kesalahan interpretasi Fuzzy logic dapat digunakan untuk mengevaluasi usabilitas e-Learning karena fuzzy logik memiliki keunggulan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang mengandung ketidakpastian / ambigu, yang dalam hal ini sesuai dengan konteks permasalahan usabilitas yang sering disajikan dalam bahasa natural yang memiliki ketidakpastian, seperti “seberapa efektif?”, ‘seberapa efisen ? ” dan “seberapa besar kepuasan pengguna Berdasarkan metode Mamdani, hasil nilai usabilitas setiap responden,diperlihatkan dalam tabel diatas dijumlahkan dan dihitung rata –ratanya, diperoleh nilai 3.02 dengan derajat keanggotan di himpunan Low sebesar 0, derajat keanggotan di himpunan moderat sebesar 0.99dan derajat keanggotaan di himpunan High adalah 0.01. Dengan demikian karena memiliki derajat keanggotaan yang lebih tinggi pada himpunan moderat maka dapat ditarik kesimpulan hasil dari evaluasi usabilitas responden terhadap eLearning adalah di level Moderat.Dengan adanya hasil tersebut maka dalam penelitian ini juga mengusulkan alternatif desain sebegai upaya tindak lanjut pengembangan e-Learning.
AB - E-Learning sama seperti media pembelajaran pada umumnya perlu dievaluasi untuk mengetahui dan mengukur seberapa besar efektifitas, efesien dan kepuasan pengguna terhadap kualitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengetahui dan mengevaluasi kualitas sebuah pembelajaran adalah dengan menggunakan usability evaluation .Pengukuran usabilitas memerlukan data yang berasal dari kuesioner yang disajikan menggunakan skala likert. Data tersebut menggambarkan persepsi pengguna yang memiliki ketidakpastian karena sangat bersifat subjektif sehingga berpotensi menimbukan kesalahan interpretasi Fuzzy logic dapat digunakan untuk mengevaluasi usabilitas e-Learning karena fuzzy logik memiliki keunggulan dalam menyelesaikan sebuah permasalahan yang mengandung ketidakpastian / ambigu, yang dalam hal ini sesuai dengan konteks permasalahan usabilitas yang sering disajikan dalam bahasa natural yang memiliki ketidakpastian, seperti “seberapa efektif?”, ‘seberapa efisen ? ” dan “seberapa besar kepuasan pengguna Berdasarkan metode Mamdani, hasil nilai usabilitas setiap responden,diperlihatkan dalam tabel diatas dijumlahkan dan dihitung rata –ratanya, diperoleh nilai 3.02 dengan derajat keanggotan di himpunan Low sebesar 0, derajat keanggotan di himpunan moderat sebesar 0.99dan derajat keanggotaan di himpunan High adalah 0.01. Dengan demikian karena memiliki derajat keanggotaan yang lebih tinggi pada himpunan moderat maka dapat ditarik kesimpulan hasil dari evaluasi usabilitas responden terhadap eLearning adalah di level Moderat.Dengan adanya hasil tersebut maka dalam penelitian ini juga mengusulkan alternatif desain sebegai upaya tindak lanjut pengembangan e-Learning.
KW - E-Learning
KW - Usabillity evaluation
KW - Fuzzy Logic
UR - https://www.researchgate.net/publication/337192244_E-Learning_Usability_Evaluation_Menggunakan_Fuzzy_Logic_dan_Usulan_Alternatif_Desain_Interaktif_Learning_Management_System_LMS_Chamilo
U2 - 10.36054/jict-ikmi.v18i1.56
DO - 10.36054/jict-ikmi.v18i1.56
M3 - Article
SN - 2302-0261
VL - 18
SP - 65
EP - 70
JO - Jurnal ICT : Information Communication & Technology
JF - Jurnal ICT : Information Communication & Technology
IS - 1
ER -