DUKUNGAN SOSIAL MENINGKATKAN “SELFCARE BEHAVIOR” ANAK

Indanah, Krisna Yetti, Luknis Sabri

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Tujuan dari peneitian adalah mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan Selfcare Behavior anak usia sekolah dengan talasemia mayor”. Penelitian merupakan penelitian cross sectional. Hipotesa yang dibuktikan adalah “Adanya hubungan antara dukungan sosial dengan Selfcare behavior pada Anak Usia Sekolah dengan Talasemia Mayor”. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien usia sekolah dengan talasemia mayor di RSUPN. Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta, sejumlah 131 pasien. Penelitian menggunakan instrument tentang dukungan sosial dan “selfcare behavior”. Hasil menunjukkan ada hubungan antara dukungan sosial dengan selfcare behavior dengan p = 0,0000 (α = 0,05). Penelitian ini merekomendasikan untuk meningkatkan dukungan sosial dari keluarga dan teman untuk meningkatkan kemmapuan selfcare behavior pada anak usia sekolah khusunya anak dengan talasemia.
Original languageIndonesian
JournalJurnal Keperawatan Anak
Publication statusPublished - 2013

Cite this