TY - JOUR
T1 - Distribusi dan Utilisasi Lulusan: Suatu Survey
AU - Rustina, Yeni
PY - 1999
Y1 - 1999
N2 - Lulusan merupakan hasil dari proses pendidikan. Utilisasi, distribusi lulusan dan relevansi anatara pekerjaan yang ditekuni dengan pengetahuan yang di dapat selama pendidikan dapat member masukan terhadap sistem pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi distribusi, utilisasi lulusan dan relevansi antara pekerjaan yang ditekuni dengan pendidikan yang didapat. Metodologi yang digunakan adalah berupa survey dengan menyebarkan angket kepada seluruh lulusan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia melalui pos. Pengolahan data dilakukan secara elektrik dengan menggunakan program SSP. Analisa data dibantu uji statistic univariat. Dari 461 angket yang disebar, terkumpul kembali 200 angket (43%). Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa lulusan Fakultas Imu Keperawatan Universitas Indonesia tersebar di 18 provinsi di Indonesia dengan tugas utama bidang pendidikan (70%) dan mayoritas bekerja sebagai dosen (52%) waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama lulusan yang berasal dari Program A mayoritas (61%) kurang dari satu bulan. Dari penelitian ini Fakultas Ilmu Keperawatan mendapatkan beberapa masukan yaitu metoda pembelajaran yang dirasakan paling menunjang keberhasilan proses belajar mengajar adalah praktek klinik (23,5%); dan diskusi kelompok (19,2%) dan perlu lebih meningkatkan mata ajar Pendidikan dalam Keperawatan, Manajemen Keperawatan, dan Riset Keperawatan.
AB - Lulusan merupakan hasil dari proses pendidikan. Utilisasi, distribusi lulusan dan relevansi anatara pekerjaan yang ditekuni dengan pengetahuan yang di dapat selama pendidikan dapat member masukan terhadap sistem pendidikan secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi distribusi, utilisasi lulusan dan relevansi antara pekerjaan yang ditekuni dengan pendidikan yang didapat. Metodologi yang digunakan adalah berupa survey dengan menyebarkan angket kepada seluruh lulusan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia melalui pos. Pengolahan data dilakukan secara elektrik dengan menggunakan program SSP. Analisa data dibantu uji statistic univariat. Dari 461 angket yang disebar, terkumpul kembali 200 angket (43%). Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa lulusan Fakultas Imu Keperawatan Universitas Indonesia tersebar di 18 provinsi di Indonesia dengan tugas utama bidang pendidikan (70%) dan mayoritas bekerja sebagai dosen (52%) waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan pertama lulusan yang berasal dari Program A mayoritas (61%) kurang dari satu bulan. Dari penelitian ini Fakultas Ilmu Keperawatan mendapatkan beberapa masukan yaitu metoda pembelajaran yang dirasakan paling menunjang keberhasilan proses belajar mengajar adalah praktek klinik (23,5%); dan diskusi kelompok (19,2%) dan perlu lebih meningkatkan mata ajar Pendidikan dalam Keperawatan, Manajemen Keperawatan, dan Riset Keperawatan.
UR - http://journal.ui.ac.id/index.php/jkepi/article/view/2211
M3 - Article
SN - 2354-9203
JO - Jurnal Keperawatan Indonesia
JF - Jurnal Keperawatan Indonesia
ER -