Deiksis pada Judul-Judul yang Berpotensi Menjadi Clickbait pada Situs Penyalur Informasi Daring Line Today

Adip Prasetyo, Frans Asisi Datang

Research output: Contribution to conferencePaper

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan deiksis dalam judul-judul yang berpotensi menjadi clickbait pada situs penyalur informasi daring Line Today. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena judul-judul yang berpotensi menjadi clickbait dalam bahasa Indonesia dan melihatnya dari aspek pragmatik, yakni penggunaan deiksis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 14 judul yang telah direduksi dari 25 judul yang berpotensi menjadi clickbait pada situs penyalur informasi daring Line Today. Sementara itu, teori dalam penelitian ini adalah teori forward reference dari Blom dan Hansen (2015), dan deiksis yang diteliti meliputi deiksis persona, deiksis wacana, dan deiksis waktu dengan menggunakan teori Purwo (1984) dan Nababan (1987). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekhasan penggunaan deiksis pada situs penyalur informasi daring Line Today terjadi pada deiksis persona yang cenderung muncul pada clickbait berkarakteristik teasing. Tipe ini biasanya dikombinasikan dengan clickbait berkarakteristik formatting. Selain itu, dibandingkan deiksis lainnya, deiksis persona cenderung muncul dalam satu jenis karakteristik clickbait, sedangkan deiksis lain cenderung muncul dalam lebih dari satu.
Kata kunci: clickbait, forward reference, deiksis persona, deiksis wacana, deiksis waktu
Original languageIndonesian
Pages96-107
Publication statusPublished - Oct 2019

Cite this