Dari Mata Turun Ke Telinga: Peran Cues Dalam Navigasi Konten Aplikasi Digital Audio Streaming

Reno Dalu Maharso, Irwansyah

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Para pengguna ponsel pintar (smartphone users) sudah terbiasa menggunakan aplikasi mobile yang dipasangkan pada perangkat mereka. User mencari konten yang mereka inginkan dengan cara mengandalkan aspek visual yang disajikan oleh suatu aplikasi mobile. Aspek visual juga berlaku untuk menavigasi diri user dalam aplikasi yang menyediakan konten audio seperti aplikasi digital audio streaming. User mengandalkan aspek visual berupa cues pada Social Information Processing Theory (SIPT). Verbal cues antara lain nama penyanyi, judul lagu, nama playlist, lalu non-verbal cues seperti artwork yang menyertai sebuah konten lagu. Dengan mengambil contoh aplikasi Spotify, peneliti ingin menunjukkan bahwa aspek visual merupakan aspek utama dalam navigasi aplikasi konten audio. Penelitian dilakukan dengan analisis konten kualitatif untuk menelaah cues SIPT yang terdapat pada aspek navigability dalam model MAIN, diperkuat dengan focus group discussion kepada user Spotify untuk mendapatkan data mengenai pengalaman navigasi konten musik lewat cues yang tersedia. Analisis dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif untuk menunjukkan aspek-aspek cues yang dominan. Hasil penelitian menunjukkan fitur search paling banyak digunakan untuk mencari konten lagu yang diinginkan dan user menavigasi pencarian terutama lewat judul lagu.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)169-186
JournalANDHARUPA Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia
Volume5
Issue number2
DOIs
Publication statusPublished - 2019

Keywords

  • cues
  • digital audio streaming
  • mobile app
  • navigation
  • visual

Fingerprint Dive into the research topics of 'Dari Mata Turun Ke Telinga: Peran Cues Dalam Navigasi Konten Aplikasi Digital Audio Streaming'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this