Dampak E-Learning terhadap Anggaran Pelatihan Kementerian Keuangan

Dita Rakhmadina, Dyah Setyaningrum

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak e-learning terhadap anggaran pelatihan, perbandingan standar biaya keluaran pelatihan klasikal dan e-learning, dan penyusunan standar biaya keluaran sesuai dengan komponen pembentuk biaya yang diperlukan untuk menyelenggarakan e-learning. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi dalam rangka meningkatkan efisiensi anggaran pada organisasi pemerintah penyelenggara pendidikan dan pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan menggali fenomena yang terjadi pada anggaran suatu instansi pemerintah sebagai akibat dari penyelenggaraan e-learning. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan pelatihan e-learning secara signifikan dapat menghemat anggaran pelatihan dan meningkatkan jumlah peserta yang dapat dilatih. Namun, standar biaya yang disusun saat ini belum optimal karena belum mencerminkan seluruh biaya yang diperlukan untuk menyelenggarakan e-learning. Standar biaya yang disusun sebaiknya dibedakan sesuai jenis pelatihan e-learning. Selain itu, untuk meningkatkan efisiensi anggaran atas pelaksanaan e-learning diperlukan penyesuaian kebutuhan kompetensi SDM dan struktur organisasi yang ada saat ini yang lebih sesuai dengan proses bisnis pelatihan e-learning.

Original languageIndonesian
Pages (from-to)14-32
JournalJati: Jurnal Akuntansi Terapan Indonesia
Volume4
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 2021

Keywords

  • Anggaran
  • Standar Biaya
  • Efisiensi
  • E-Learning

Cite this