Cohesiveness dan Peran literasi Keuangan dalam Meningkatkan Competitive advantages BUMDES merealisasikan Produk Unggulan Wisata Situ Cisanti

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Tulisan ini membahas tentang kemampuan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk menggunakan instrumen literasi keuangan dalam usaha kecil dan menengah yang beroperasi di Situ Cisanti. Menurut temuan penelitian, tingkat melek finansial atau literasi keuangan BUMDES meningkat dengan pelatihan keuangan, dimana pelatihan tersebut melatih manajemen dalam memutuskan keputusan strategis. Tingkat melek finansial atau literasi keuangan dari stakeholder yang berpartisipasi dalam studi ini lebih tinggi,dan kecenderungan angka partisipasi yang cukup tinggi apabila dikaitkan dengan investasi dan rasa kepedulian dalam memajukan Badan Usaha Milik Desa secara aktif (cohesiveness). Kendala komunikasi dan informasi antar organisasi serta bagian produksi menunjang terbentuknya produk unggulan yang berasal dari pernanan pemetaan potensi wilayah yang dilakukan anggotanya. Faktor perilaku lain mempengaruhi partisipasi realisasi produk unggulan ini adalah kepercayaan masyarakat yang masih rendah dalam melihat kualitas produksi, sehingga perlu diadakan proses branding atau penguatan nilai tambah (adding value) dalam meningkatkan keuntungan kompetitif.
Original languageEnglish
JournalJurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publication statusPublished - 2019

Cite this