Bullying (Perundungan) di Lingkungan Pendidikan Kedokteran

Anna Rozaliyani, Broto Wasisto, Frans Santosa, R. Sjamsuhidajat, Rianto Setiabudy

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Dalam lingkungan pendidikan kedokteran, bullying atau perundungan masih kerap terjadi. Korban perundungan umumnya peserta didik atau junior, sedangkan pelaku perundungan antara lain pendidik dan senior. Perundungan merupakan bentuk pelanggaran etik dasar dan hak asasi manusia, yang dapat berdampak buruk terhadap peserta didik, lingkungan kerja, maupun kualitas pelayanan kesehatan. Untuk itu diperlukan upaya komprehensif dengan menyertakan berbagai pihak terkait guna mencegah dan menghentikannya. Perbaikan kurikulum pendidikan yang mengutamakan prinsip kesetaraan dan etika kesejawatan, diharapkan dapat mencegah dan menghentikan tindakan perundungan secara bertahap dan sistematis.
Original languageIndonesian
JournalJurnal Etika Kedokteran Indonesia
Publication statusPublished - 2019

Cite this