TY - JOUR
T1 - Beyond Tweets: Pragmatic Analysis of Humor as a Brand Image in Burger King's Tweets
AU - Ariastuti, Marti Fauziah
PY - 2019
Y1 - 2019
N2 - Melebihi Tweet: Analisis Pragmatis Humor sebagai Citra Merek di Tweet Burger King. Salah satu bentuk strategi komunikasi yang paling populer adalah humor. Meskipun berbagai penelitian telah dilakukan untuk meneliti hubungan humor dan semantik dalam konteks iklan, relatif sedikit yang telah membahas hubungan antara tweet humor, komunikasi bisnis, dan pragmatik. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk (1) menyelidiki konstruksi tweet humor berdasarkan delapan sumber daya pengetahuan dan (2) membahas fungsi pragmatisnya. Penelitian ini menggunakan versi ekstensi dari Teori Umum Humor Verbal Attardo (Tsakona, 2013), dilengkapi dengan analisis fungsional teks Brinker. Dipilih berdasarkan style humor yang digunakan (Martin, 2003), data untuk penelitian ini terdiri dari 111 tweet humor dari akun Twitter Burger King antara tahun 2016 dan 2018. Tiga tahun dipilih karena tampaknya ada korelasi positif antara penggunaan strategi humor di media sosial dan kinerja penjualan Burger King selama tahun-tahun itu. Temuan utama adalah bahwa Burger King: (1) menerapkan konstruksi humor yang berbeda di akun Twitter Burger King, terutama dalam oposisi teks, mekanisme bahasa, target, dan konteks; dan (2) menggunakan fungsi tweet humor yang berbeda untuk mempersonalisasi merek (2016), meminta pelanggan untuk melakukan beberapa tindakan (2017), dan mempromosikan produk (2018).
AB - Melebihi Tweet: Analisis Pragmatis Humor sebagai Citra Merek di Tweet Burger King. Salah satu bentuk strategi komunikasi yang paling populer adalah humor. Meskipun berbagai penelitian telah dilakukan untuk meneliti hubungan humor dan semantik dalam konteks iklan, relatif sedikit yang telah membahas hubungan antara tweet humor, komunikasi bisnis, dan pragmatik. Oleh karena itu, tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk (1) menyelidiki konstruksi tweet humor berdasarkan delapan sumber daya pengetahuan dan (2) membahas fungsi pragmatisnya. Penelitian ini menggunakan versi ekstensi dari Teori Umum Humor Verbal Attardo (Tsakona, 2013), dilengkapi dengan analisis fungsional teks Brinker. Dipilih berdasarkan style humor yang digunakan (Martin, 2003), data untuk penelitian ini terdiri dari 111 tweet humor dari akun Twitter Burger King antara tahun 2016 dan 2018. Tiga tahun dipilih karena tampaknya ada korelasi positif antara penggunaan strategi humor di media sosial dan kinerja penjualan Burger King selama tahun-tahun itu. Temuan utama adalah bahwa Burger King: (1) menerapkan konstruksi humor yang berbeda di akun Twitter Burger King, terutama dalam oposisi teks, mekanisme bahasa, target, dan konteks; dan (2) menggunakan fungsi tweet humor yang berbeda untuk mempersonalisasi merek (2016), meminta pelanggan untuk melakukan beberapa tindakan (2017), dan mempromosikan produk (2018).
M3 - Article
SN - 2355-2131
JO - Journal of Urban Society's Arts
JF - Journal of Urban Society's Arts
ER -