Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Ijen Lestari sebagai Inovasi Pelayanan Publik untuk Mendukung Community Based Tourism di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur

Harod Rahmad Novan, Isbandi Rukminto Adi

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Proporsi kemiskinan perdesaan selalu lebih tinggi dibandingkan kemiskinan perkotaan di Indonesia, program pengentasan kemiskinan, khususnya di perdesaan sudah seharusnya menempatkan masyarakat sebagai subjek dalam setiap program pengentasan kemiksinan. Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur mengalami penurunan kemiskinan yang signifikan termasuk di wilayah perdesaaan karena didukung sektor pariwisata yang mendorong peningkatan pendapatan per kapita Banyuwangi dari tahun ke tahun. Penurunan angka kemiskinan dan peningkatan pendapatan per kapita Banyuwangi tidak bisa dilepaskan dari program smart kampung dan pengembangan ekonomi lokal melalui pariwisata berbasis masyarakat yang dilakukan melalui industri lokal. Berdasarkan observasi dan wawancara mendalam, BUMDes Ijen Lestari merupakan inovasi pelayanan publik yang berkontribusi pada komunitas dalam bentuk pemberian bantuan langsung (direct), yang terdiri pembiayaan kegiatan ekonomi lokal dan lapangan pekerjaan. Kemudian kontribusi tidak langsung (in-direct), yang terdiri dari pemberian pelayanan dan media untuk perubahan dan interaksi. Penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa BUMDes Ijen lestari memberikan dampak yang positif dalam penyerapan tenaga kerja dan pendapatan dari usaha atau bisnis pariwisata. Namun demikian, BUMDes perlu juga bermitra dengan stakeholder lainnya dalam upaya pengembangan destinasi strategis serta meningkatkan sumber daya manusia lokal untuk pemanfaatan Informasi dan Teknologi (IT) melalui website dan media sosial dengan konten yang menarik perhatian wisatawan.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)68-80
JournalJurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial
Volume20
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 2019

Keywords

  • Community Based Tourism
  • Public Service Innovation
  • Local economic Development
  • Smart Kampung

Fingerprint Dive into the research topics of 'Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Ijen Lestari sebagai Inovasi Pelayanan Publik untuk Mendukung Community Based Tourism di Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this