Abstract
Human Capital Management System(HCMS) menjadi suatu kebutuhan pada organisasi untuk melakukan pelayanan administrasi kepegawaian.PT XYZ mulai mengimplementasikan HCMS pada tahun 2019 sebagai online self-service administrasi kepegawaian yang sebelumnya dilakukan secara manual. Pada fase peralihan ini, belum semua pegawai memahami cara penggunaan sistem HCMS ini dikarenakan tampilan dari sistem HCMS yang membingungkan. Sehingga masih banyak pegawai yang memilih bantuan oleh tim HR/IT untuk melakukan perubahan data dibanding melakukannya sendiri. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis usability sistem HCMS tersebut menggunakan metode WEBUSE. Terdapat 4 kategori yang digunakan yaitu Content, Organization, and Readability (COR), Navigation and Links (NAL), User Interface Design(UID), dan Performance and Effectiveness(PAE). Setiap kategori menjadi dasar untuk mengukur Usability. Data dikumpulkan melalui kuesionerdan wawancara dari responden di PT XYZ untuk mendapatkan nilai dan level usability WEBUSEberdasarkan aspek kepuasan pengguna. Pada studi kasus penelitian ini diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan sebanyak 13 responden menyatakan bahwa secara garis besar usability sistem HCMS berada pada level Good. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan self-service HCMS berdasarkan kebutuhan atau pengalaman pegawai menggunakan sistem tersebut. Penelitian ini juga berkontribusi dalam studi ilmiah dibidang UI/UX serta memberikan gambaran ideal bagi praktisi UI/UX dalam mengembangkan sebuah sistem HCMS.
Original language | Indonesian |
---|---|
Pages (from-to) | 12-18 |
Journal | Journal of Applied Computer Science and Technology |
Volume | 4 |
Issue number | 1 |
DOIs | |
Publication status | Published - 30 Jun 2023 |
Keywords
- evaluasi kegunaan
- pengujian kegunaan
- WEBUSE
- HCMS
- layanan mandiri online