Abstract
Asuhan keperawatan yang terlewatkan merupakan permasalahan besar yang dapat menurunkan kualitas kepuasan pasien, meningkatkan readmission hingga meningkatkan angka mortalitas. Studi ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan asuhan keperawatan yang terlewatkan di Rumah Sakit X Jakarta. Metode yang digunakan yaitu studi kasus dengan observasi, klarifikasi dengan wawancara dan telaah dokumen (rekam medis pasien), sampel yang digunakan yaitu 76 rekam medis yang didapatkan dari 10 ruangan rawat inap dari rekam medis tersebut dilakukan klarifikasi dengan wawancara kepada pasien dan keluarga menggunakan alat pengumpulan data yaitu lembar observasi dan wawancara dengan pasien dan keluarga sesuai dengan 11 rencana tindakan yang telah dimiliki rumah sakit, kemudian dilakukan analisis SWOT. Hasil yang didapatkan yaitu posisi rumah sakit berada pada sel V dengan strategi hold and maintain makanya rumah sakit dapat menggunakan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Penetrasi pasar dengan mempertahakan dan meningkatkan kualitas pelaksanaan asuhan keperawatan melalui penguatan peran dari ketua tim dan kepala ruangan serta pengembangan produk dengan menyusun SPO pelaksanaan asuhan keperawatan serta panduan observasi pelaksanaan asuhan keperawatan yang dilakukan oleh manajer keperawatan.
Original language | English |
---|---|
Journal | Jurnal Keperawatan |
Publication status | Published - 2020 |