Abstract
Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Maal Wal-Tamwil Bakti Nurul Huda sebagai lembaga ckomoni seharusnya berperan dalam upaya KJKS BMT Bakti Nuru penanggulangan kemiskinan. Namun demikian, saat ini kinerja l Huda belum optimal sehingga lembaga koperasi belum sepenuhnya menjalankan peran scbagai lembaga ekonomi. Dalam rangka meningkatkan kinerjia lembaga koperasi dibutuhkan strategi alternatif yang tepat dan dapat diterapkan pada KJKS BMT Bakti Nurut Huda. Penyusunan rencana strategis dilak dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal (SWOT analysis) yang kemudian dianalisis menggunakan instrument matrik IFE. EFE. dan IE. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder dan kemudian diolah dengan metode content analysis. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan instrument matrik IFE. EFE, dan IE diperoleh 2 strategi utama yang dapat diterapakan yaitu market penetration yang meliputi pengadaan SDM untuk bagian marketing yang memiliki kompetensi bidang pemasaran, mengembangkan diversifikasi produk koperasi, menetapkan harga jual yang sesuai, dan membuat e- marketing. Strategi yang kedua adalah market development yang meliputi kebijakan modifikasi produk tanaman hidroponik menjadi pelayanan jasa pelatihan budidaya tanaman hidroponik.
Original language | Indonesian |
---|---|
Publication status | Published - 2017 |
Event | Seminar Nasional FPTVI 2017 - ID, Bali, Indonesia Duration: 1 Jan 2017 → … |
Conference
Conference | Seminar Nasional FPTVI 2017 |
---|---|
Country/Territory | Indonesia |
City | Bali |
Period | 1/01/17 → … |
Keywords
- KJKS BMT. koperasi syariah, strategi. market penetration, market development