TY - JOUR
T1 - Analisis Spasial Sebaran Sekolah Dasar Terdampak Bencana Gempa di Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur
AU - Wibowo, Adi
PY - 2023/4/12
Y1 - 2023/4/12
N2 - Sekolah merupakan salah satu prasarana yang berfungsi dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan masyarakat dan lokasi pendirian sekolah harus memperhatikan kesesuaian karakteristik daerah. Gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur mengakibatkan rusaknya fasilitas umum khususnya sekolah dasar di beberapa daerah, termasuk Kecamatan Cugenang. Kerusakan parah pada sekolah dasar, berdampak pada terganggunya kegiatan belajar mengajar (KBM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran kerusakan pada Sekolah Dasar di kecamatan Cugenang, kabupaten Cianjur dengan menggunakan metode Nearest Neighbor Analysis (NNA) serta teknik proximity dengan metode Buffer dalam Sistem Informasi Geografi (SIG). Hasilnya, dari metode NNA diperoleh Pola Acak dalam menentukan lokasi Sekolah Dasar di kecamatan Cugenang, sehingga tidak dapat memberikan pola linear saling melengkapi antar sekolah yang memberikan kemudahan akses. Metode Buffer dengan jangkauan 1 km dilakukan untuk melihat pola sebaran kerusakan sekolah dasar pada potensi pengalihan proses KBM yang rusak parah.
AB - Sekolah merupakan salah satu prasarana yang berfungsi dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan masyarakat dan lokasi pendirian sekolah harus memperhatikan kesesuaian karakteristik daerah. Gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur mengakibatkan rusaknya fasilitas umum khususnya sekolah dasar di beberapa daerah, termasuk Kecamatan Cugenang. Kerusakan parah pada sekolah dasar, berdampak pada terganggunya kegiatan belajar mengajar (KBM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran kerusakan pada Sekolah Dasar di kecamatan Cugenang, kabupaten Cianjur dengan menggunakan metode Nearest Neighbor Analysis (NNA) serta teknik proximity dengan metode Buffer dalam Sistem Informasi Geografi (SIG). Hasilnya, dari metode NNA diperoleh Pola Acak dalam menentukan lokasi Sekolah Dasar di kecamatan Cugenang, sehingga tidak dapat memberikan pola linear saling melengkapi antar sekolah yang memberikan kemudahan akses. Metode Buffer dengan jangkauan 1 km dilakukan untuk melihat pola sebaran kerusakan sekolah dasar pada potensi pengalihan proses KBM yang rusak parah.
UR - https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPG/article/view/56929
U2 - 10.23887/jjpg.v11i1.56929
DO - 10.23887/jjpg.v11i1.56929
M3 - Article
SN - 2614-1094
VL - 11
JO - Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
JF - Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
IS - 1
ER -