Analisis Spasial Sebaran Sekolah Dasar Terdampak Bencana Gempa di Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Sekolah merupakan salah satu prasarana yang berfungsi dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan masyarakat dan lokasi pendirian sekolah harus memperhatikan kesesuaian karakteristik daerah. Gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur mengakibatkan rusaknya fasilitas umum khususnya sekolah dasar di beberapa daerah, termasuk Kecamatan Cugenang. Kerusakan parah pada sekolah dasar, berdampak pada terganggunya kegiatan belajar mengajar (KBM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran kerusakan pada Sekolah Dasar di kecamatan Cugenang, kabupaten Cianjur dengan menggunakan metode Nearest Neighbor Analysis (NNA) serta teknik proximity dengan metode Buffer dalam Sistem Informasi Geografi (SIG). Hasilnya, dari metode NNA diperoleh Pola Acak dalam menentukan lokasi Sekolah Dasar di kecamatan Cugenang, sehingga tidak dapat memberikan pola linear saling melengkapi antar sekolah yang memberikan kemudahan akses. Metode Buffer dengan jangkauan 1 km dilakukan untuk melihat pola sebaran kerusakan sekolah dasar pada potensi pengalihan proses KBM yang rusak parah.
Original languageIndonesian
JournalJurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Volume11
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 12 Apr 2023

Cite this