TY - JOUR
T1 - Analisis Semiotika Tentang Representasi Kriminalitas Akibat Keluarga Yang Kurang Harmonis Dalam Game Grand Theft AutoV
AU - Alexander, Ricky
AU - Triputra, Pinckey
PY - 2017
Y1 - 2017
N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh storyline Grand Theft Auto V (GTA V) yang menggunakan stereotip bahwa pelaku kriminal selalu muncul dari keluarga yang berantakan, kebanyakan tokoh-tokoh penting dalam GTA V memiliki masa kecil yang sulit dan itu menjadi alasan bagi mereka menjadi seorang criminal, nyatanya, tidak selalu pelaku kriminal berasal dari keluarga yang berantakan seperti yang digambarkan. Peneliti menganalisis dengan menggunakan teori komunikasi massa, stereotip, kriminalitas, dan aspek keluarga yang harmonis. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika Charles Sanders Pierce, dengan menganalisis tanda, objek, dan interpretan yang memiliki nilai-nilai kriminalitas akibat keluarga yang kurang harmonis dalam game tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai-nilai pesan dalam cutscene GTA V mengandung stereotip kriminalitas akibat keluarga yang kurang harmonis untuk menyederhanakan alasan kompleks para tokoh untuk menjadi seorang kriminal, bahkan kejahatan itu sendiri berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Peneliti menginterpretasikan bahwa GTA V ingin menyampaikan pentingnya keluarga dalam menekan kriminalitas melalui adegan-adegan tersebut.
AB - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh storyline Grand Theft Auto V (GTA V) yang menggunakan stereotip bahwa pelaku kriminal selalu muncul dari keluarga yang berantakan, kebanyakan tokoh-tokoh penting dalam GTA V memiliki masa kecil yang sulit dan itu menjadi alasan bagi mereka menjadi seorang criminal, nyatanya, tidak selalu pelaku kriminal berasal dari keluarga yang berantakan seperti yang digambarkan. Peneliti menganalisis dengan menggunakan teori komunikasi massa, stereotip, kriminalitas, dan aspek keluarga yang harmonis. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisa semiotika Charles Sanders Pierce, dengan menganalisis tanda, objek, dan interpretan yang memiliki nilai-nilai kriminalitas akibat keluarga yang kurang harmonis dalam game tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai-nilai pesan dalam cutscene GTA V mengandung stereotip kriminalitas akibat keluarga yang kurang harmonis untuk menyederhanakan alasan kompleks para tokoh untuk menjadi seorang kriminal, bahkan kejahatan itu sendiri berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Peneliti menginterpretasikan bahwa GTA V ingin menyampaikan pentingnya keluarga dalam menekan kriminalitas melalui adegan-adegan tersebut.
KW - Analisis Semiotika
KW - Stereotip
KW - Representasi
U2 - 10.24912/kn.v1i1.1376
DO - 10.24912/kn.v1i1.1376
M3 - Article
VL - 1
SP - 164
EP - 168
JO - Koneksi
JF - Koneksi
SN - 2598-0785
IS - 1
ER -