Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Kualitas Layanan Iklan Tiket.com Versi Senyum Pariwisata Indonesia

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pandemi COVID-19 yang menyebar di Indonesia pada bulan Maret 2020 telah memberikan dampak signifikan pada industri pariwisata. Diketahui, jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara mengalami penurunan yang sangat drastis. Hal ini membuat banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa wisata harus melakukan inovasi, adaptasi dan kolaborasi agar dapat bertahan di tengah pandemi COVID-19, salah satunya adalah Tiket.com. Tiket.com merupakan perusahaan berbasis teknologi yang menyediakan layanan pemesanan, seperti tiket penerbangan, tiket kereta api, tiket atraksi wisata, hotel, sewa mobil dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi penanda (signifier) dan petanda (signified) iklan Tiket.com versi “Senyum Pariwisata Indonesia” serta memaknai denotasi dan konotasi didalamnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi atau pengamatan secara langsung di lingkungan penelitian, dalam hal ini kantor Tiket.com. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis semiotika dengan berlandaskan pada teori Roland Barthes. Selanjutnya, hasil penelitian menunjukkan bahwa Tiket.com sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa berhasil melayani dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan memperhatikan aspek dimensi kualitas layanan. Bagi peneliti selanjutnya, terdapat hal yang dapat diteliti lebih lanjut, seperti menggunakan metode kuantitatif untuk mengetahui seberapa besar pengaruh layanan iklan sebagai salah satu strategi pemasaran Tiket.com.
Original languageIndonesian
JournalJurnal Sosial Humaniora Terapan
Volume5
Issue number1
Publication statusPublished - 22 Jan 2023

Cite this