Analisis Pengukuran Tingkat Kesiapan Implementasi Knowledge Management Pada SMP Muhammadiyah 1 Pringsewu Lampung

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penelitian ini dikerjakan untuk mendapatkan gambaran sejauh mana tingkat kesiapan sekolah dalam menerapkan knowledge management sehingga pemanfaatan teknologi informasidapat membawa banyak manfaat dalam segala aspek untuk kemajuan umat manusia.Agarknowledge tersebut dapat digunakan secara maksimal, maka sekolah sangat memerlukan adanya sebuah sistem yang mampu mengelola knowledge yang sering disebut knowledge management system. Melalui sistem ini, anggota sekolah dapat bertukar knowledge dengan setiap pihak yangada di dalam sekolah, sehingga dapat memberikan keuntungan seperti ide, gagasan hingga inovasibaru yang dapat memberikan peningkatan dalam kinerja sekolah.Pengukuran ini dilakukan dengan menggolongkan beberapa Knowledge Management Critical Success Factor ke dalam AspekKnowledge Management diantaranya Aspek Abstrarct, Soft dan Hard. Dari hasil analisis data,maka dapat disimpulkan bahwa SMP Muhammadiyah 1 Pringsewu berada pada level 3(Knowledge-Enabled), yang artinya organisasi ini telah siap melakukan penerapan knowledge management
Original languageIndonesian
JournalJurnal TIM Darmajaya
Volume1
Issue number2
Publication statusPublished - 2015

Keywords

  • Knowledge
  • Knowledge Management
  • Knowledge-Enabled

Cite this