Analisis Pengaruh Substitusi Tenaga Kerja Asing terhadap Tenaga Kerja Domestik pada Masa Sebelum dan Sesudah Kebijakan Bebas Visa Kunjungan di Indonesia

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Penerapan kebijakan bebas visa kunjungan Indonesia bertujuan untuk memberikan peningkatan pada sektor pariwisata dengan masuknya wisatawan asing. Peningkatan jumlah wisatawan asing memiliki dampak kehadiran investasi asing langsung (FDI) dan peningkatan jumlah tenaga kerja asing, yang dampak tersebut dapat memberikan peluang dan ancaman terhadap jumlah tenaga kerja domestik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebijakan Bebas Visa Kunjungan (BVK), Tenaga Kerja Asing, Foreign Direct Investment (FDI) dan Upah, terhadap Tenaga Kerja Domestik. Teori yang digunakan adalah pasar tenaga kerja, teori pertumbuhan ekonomi model solow dan faktor produksi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan data panel dan alat analisis menggunakan eviews 9. Data bersumber dari Badan Pusat Statistik, Kementerian Ketenagakerjaan, Badan Penanaman Modal dan Direktorat Jenderal Imigrasi. Data time series yang digunakan dari tahun 2011-2018, sedangkan data cross section menggunakan jenis pekerjaan per sektor, yaitu : 1) Pertanian, Kehutanan, Perkebunan Dan Perikanan 2) Pertambangan Dan Penggalian 3) Industri 4) Konstruksi 5) Perdagangan 6) Transportasi Dan Pergudangan 7) Informasi Dan Komunikasi 8) Jasa Kesehatan. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukan Kebijakan BVK, Tenaga Kerja Asing dan Upah memiliki pengaruh komplemen terhadap tenaga kerja domestik dengan ditunjukkan nilai koefisien positif dan signifikan. Variabel upah merupakan variabel paling besar pengaruhnya terhadap peningkatan tenaga kerja domestik. Sedangkan variabel FDI memiliki pengaruh substitusi terhadap tenaga kerja domestik dengan ditunjukkan nilai koefisien negatif namun tidak signifikan. Perlu penguatan kebijakan atas persyaratan investasi asing untuk mengantisipasi masuknya tenaga asing illegal yang berpotensi menjadi factor substitusi tenaga kerja domestic.
Original languageEnglish
JournalJurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan
Publication statusPublished - 2020

Fingerprint Dive into the research topics of 'Analisis Pengaruh Substitusi Tenaga Kerja Asing terhadap Tenaga Kerja Domestik pada Masa Sebelum dan Sesudah Kebijakan Bebas Visa Kunjungan di Indonesia'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this