ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK S-COMMERCE TERHADAP CONSUMER'S TRUST DAN TRUST PERFORMANCE (STUDI KASUS : GROUPON INDONESIA)

Bunga Ghassani, Adrian Achyar

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pertumbuhan social networking sites (SNSs) telah memunculkan paradigma baru dari e-commerce yang disebut social commerce (s-commerce ). Social commerce merupakan cabang dari e-commerce yang memungkinkan konsumen untuk dapat saling berinteraksi dengan difasilitasi oleh media sosial maupun interaksi sosial antar konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh karakteristik social commerce (s-commerce ) yang terdiri dari reputation, size, infor mation quality, transaction safety, communication, economic feasibility, WOM referrals terhadap consumer's trust dan trust performance ( purchase intentions dan WOM intentions) dengan menggunakan studi kasus Groupon Indonesia yang merupakan situs s-commerce berbentuk group-buying. Responden dari penelitian ini adalah orang-orang yang sudah pernah membuka/textitbrowsing situs Groupon Disdus/Groupon Indonesia dalam kurun waktu 2 (dua) tahun terakhir, namun belum pernah melakukan pembelian pada situs scommerce tersebut. Metode pengolahan data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa reputation, information quality, transaction safety dan communication tidak memiliki pengaruh positif terhadap consumer's trust. Sedangkan, size, economic feasibility dan WOM referrals memiliki pengaruh positif terhadap consumer's trust. Kemudian, consumer's trust memiliki pengaruh positif terhadap purchase intentions dan WOM intentions.
Original languageIndonesian
JournalMini Economica
Volume46
Issue number1
Publication statusPublished - 8 Jan 2018

Cite this