Abstract
Penelitian ini difokuskan pada pengaruh aktivitas hubungan masyarakat (Public Relation-PR) melalui penggunaan internet (Cyber PR) terhadap kesadaran merek sebuah perguruan tinggi swasta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh aktivitas cyber PR yang dilakukan oleh Humas Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) melalui media sosial seperti Facebook, Youtube dan Instagram terhadap peningkatan kesadaran merek (brand awareness) UTS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan structural equation modelling (SEM) SPSS untuk menyusun model hasil penelitian. Adapun populasisampelyang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakatKecamatan Sumbawa dengan kriteria umur 15-29 tahundimana 124responden mengisi kuesioner sebagai representasi dari 16.770 jiwa masyarakat Sumbawa untuk kategori umur tersebut. Dari hasil uji Fterdapat pengaruh simultan antara variabel-variabel bebas (variabel Facebook, Instagramdan Youtube) terhadap variabelterikat (Brand Awareness). Sementara darihasil dari uji tdiperoleh bahwavariabel Instagramyang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap peningkatanbrand awarenesskampus UTS
Original language | English |
---|---|
Pages (from-to) | 80-85 |
Journal | Jurnal TAMBORA |
Volume | 5 |
Issue number | 1 |
DOIs | |
Publication status | Published - Feb 2021 |
Keywords
- Cyber PR
- Brand Awareness
- Structur Equation Modelling