Analisis Penerimaan Aplikasi Naskah Dinas Elektronik (Nadine) Di Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Eddy Juliansyah, Ike Iswari Lawanda

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Salah satu dampak pesatnya perkembangan Teknologi dan Informasi (TI) dalam Revolusi Industri 4.0 di bidang kearsipan adalah hadirnya sistem manajemen rekod elektronik/electronic records management system (ERMS). Sistem manajemen rekod elektronik telah banyak dikembangkan namun tidak seluruhnya sukses diimplementasikan. Salah satu faktor penting dalam implementasinya adalah penerimaan dari pengguna. Penerimaan pengguna mempengaruhi niat pengguna dalam menggunakan suatu aplikasi ERMS. Naskah Dinas Elektronik (Nadine) di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) merupakan salah satu ERMS yang telah diimplementasikan sejak 5 (lima) tahun lalu, namun belum dilakukan pengujian penerimaan pengguna terhadapnya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor penerimaan aplikasi Nadine di Biro Umum selaku Unit Kearsipan I Kemenkeu melalui technology acceptance model (TAM). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner terhadap 72 responden pengguna aplikasi Nadine di Biro Umum. Data yang diperoleh diolah dengan metode statistik non parametrik yaitu partial least square structural equation modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kualitas sistem, faktor pelatihan pengguna dan kondisi fasilitas secara signifikan mempengaruhi niat pengguna dalam menggunakan aplikasi Nadine. Persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kegunaan menunjukkan korelasi positif terhadap niat penggunaan. Persepsi kegunaan mempunyai pengaruh langsung yang signifikan terhadap niat menggunakan. Sedangkan persepsi kemudahan penggunaan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap niat menggunakan melalui persepsi kegunaan. Penelitian ini memberikan saran bagi pemangku kebijakan dalam meningkatkan kualitas implementasi aplikasi Nadine dengan perbaikan kualitas sistem, pemberian program pelatihan, dan penyediaan fasilitas yang memadai. Penelitian ini juga dapat digunakan untuk mengeksplorasi faktor yang mempengaruhi niat pengguna dalam menerima ERMS, khususnya persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan pengguna.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)22-37
JournalKhazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan
Volume17
Issue number1
DOIs
Publication statusPublished - 2024

Keywords

  • niat pengguna
  • penerimaan pengguna
  • sistem manajemen rekod elektronik
  • technology acceptance model

Cite this