Analisis Pemasaran Rumah Sakit Berbasis Bukti

Translated title of the contribution: Evidence-Based Hospital Marketing Analysis

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Tingkat pertumbuhan tahunan sector rumah sakit swasta meningkat pesat dengan rata-rata 17,3%. Pihak manajemen rumah sakit harus membuat suatu strategi pemasaran yang efektif agar tetap dapat bersaing, dengan tetap mengutamakan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat. Marketing mix merupakan contoh strategi pemasaran yang efektif. Salah satu elemen penting marketing mix adalah physical evidence (bukti fisik). Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode Systematic Literature Review dengan melakukan free searching pada website Google Scholar dan database PubMed menggunakan kata kunci physical evidence, hospital physical evidence, mix marketing in hospital dan 7P mix marketing. Physical evidence merupakan semua tentang apa yang dilihat pelanggan dan dialami mereka pada saat menggunakan sebuah layanan serta bagaimana mereka memandang bisnis. Physical evidence terdiri dari tiga komponen, yaitu fasilitas eksterior, fasilitas interior, serta faktor tangible lainnya. Peran dari physical evidence adalah pengemasan layanan dengan menyampaikan harapan dan mempengaruhi persepsi, memfasilitasi aliran pemberian proses layanan, dengan memberikan informasi, memfasilitasi proses pemesanan, mengelola konsumen, mensosialisakan kepada pegawai dan pelanggan atas nilai yang dimikiki, serta menyediakan sarana untuk perbedaan (diferensiasi). Beberapa aspek penting dari physical evidence adalah disain fisik dari rumah sakit; amenitas, tanda, simbol dan artefak; kondisi medis; kondisi umum peralatan dan penampilan anggota staf yang rapi; efisiensi energi dan kualitas udara didalam ruangan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa komponen physical evidence menjadi faktor yang dominan dalam mempengrauhi kepuasan pasien. Kata kunci: bauran pemasaran, bukti fisik, pemasaran rumah sakit, 7P.

Translated title of the contributionEvidence-Based Hospital Marketing Analysis
Original languageIndonesian
JournalJurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia
Volume7
Issue number2
DOIs
Publication statusPublished - 26 Feb 2021

Keywords

  • bauran pemasaran
  • bukti fisik
  • pemasaran rumah sakit
  • 7P

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Evidence-Based Hospital Marketing Analysis'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this