Analisis Pemangku Kepentingan (Stakeholder) pada Unit Hubungan Masyarakat (Humas) dan Kesekretariatan PT Semen Padang

Risca Fleureta Hudiyono, Sherly Dwi Fedora

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis sistem pemetaan para pemangku kepentingan (stakeholder) PT Semen Padang, terutama berkaitan dengan kegiatan pemberian bantuan dana (sponsorship). Data para stakeholder didapatkan melalui wawancara dengan salah satu karyawan pada Unit Humas dan Kesekretariatan. Data kemudian diklasifikasikan ke dalam matriks stakeholder berdasarkan kekuatan (power) dan pengaruh (interest) stakeholder terhadap perusahaan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa PT Semen Padang telah banyak memberikan bantuan dana kepada para stakeholder yang mengajukan proposal melalui Unit Humas dan Kesekretariatan. Sayangnya, perusahaan belum mempunyai peta stakeholder sebagai dasar pertimbangan pemberian bantuan dana. Selanjutnya, berdasarkan hasil pemetaan/pengelompokan stakeholder perusahaan, ditemukan bahwa sebanyak 17 stakeholder dikategorikan sebagai stakeholder sangat penting, 30 stakeholder penting, 28 stakeholder cukup penting, dan 21 stakeholder kurang penting. Melalui analisis stakeholder ini, perusahaan dapat dengan lebih mudah dalam mengambil keputusan yang tepat dalam memberikan bantuan dana kepada para stakeholder.
Original languageIndonesian
Pages (from-to)38-46
JournalJurnal Administrasi Bisnis Terapan
Publication statusPublished - 2019

Keywords

  • Stakeholder
  • Financial assistance/Sponsorship
  • Stakeholder analysis
  • Power-Interest matrix
  • PT Semen Padang

Cite this