TY - JOUR
T1 - ANALISIS OPTIMASI MODEL BISNIS PERUSAHAAN FINTECH BERBASIS EQUITY CROWDFUNDING MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS
AU - Nugroho, Bernardus Yuliarto
PY - 2021/6
Y1 - 2021/6
N2 - Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, proses pengumpulan dana menjadi lebih modern dengan ruang lingkup yang lebih besar yang dikenal dengan istilah crowdfunding. Terlebih dengan munculnya perusahan-perusahan yang fokus pada financial technology dan meningkatnya minat investasi pada generasi millenial, crowdfunding khususnya yang berbasis investasi menjadi salah satu tujuan investasi yang menarik. Santara sebagai perusahaan equity crowdfunding pertama berizin OJK berusaha membuat platform investasi dengan tujuan pengembangan UKM yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis Santara saat ini dengan Business Model Canvas dan memberikan rekomendasi Business Model Canvas yang baru untuk ditawarkan ke Santara. Metode penelitian ini menggunakan mixed methods dengan model desain concurrent embedded. Teknik pengumpulan data kualitatif dengan melakukan wawancara dengan 5 narasumber dan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 8 narasumber di Santara. Teknik analisis data menggunakan reduction, data display, conclusion serta analisis SWOT dari hasil kuesioner dengan menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sembilan blok Business Model Canvas ada tujuh blok Business Model Canvas yaitu customer segment, value proposition, channel, customer relationship, key activity, key partnership dan cost structure yang ada penambahan pada blok bangunan masing-masing.
AB - Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, proses pengumpulan dana menjadi lebih modern dengan ruang lingkup yang lebih besar yang dikenal dengan istilah crowdfunding. Terlebih dengan munculnya perusahan-perusahan yang fokus pada financial technology dan meningkatnya minat investasi pada generasi millenial, crowdfunding khususnya yang berbasis investasi menjadi salah satu tujuan investasi yang menarik. Santara sebagai perusahaan equity crowdfunding pertama berizin OJK berusaha membuat platform investasi dengan tujuan pengembangan UKM yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis Santara saat ini dengan Business Model Canvas dan memberikan rekomendasi Business Model Canvas yang baru untuk ditawarkan ke Santara. Metode penelitian ini menggunakan mixed methods dengan model desain concurrent embedded. Teknik pengumpulan data kualitatif dengan melakukan wawancara dengan 5 narasumber dan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 8 narasumber di Santara. Teknik analisis data menggunakan reduction, data display, conclusion serta analisis SWOT dari hasil kuesioner dengan menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sembilan blok Business Model Canvas ada tujuh blok Business Model Canvas yaitu customer segment, value proposition, channel, customer relationship, key activity, key partnership dan cost structure yang ada penambahan pada blok bangunan masing-masing.
KW - equity crowdfunding
KW - financial technology
KW - model bisnis
KW - business model canvas
UR - https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2919
U2 - 10.36418/syntax-literate.v6i6.2919
DO - 10.36418/syntax-literate.v6i6.2919
M3 - Article
SN - 2548-1398
VL - 6
SP - 3065
EP - 3079
JO - Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
JF - Syntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
IS - 6
ER -