ANALISIS OPTIMASI MODEL BISNIS PERUSAHAAN FINTECH BERBASIS EQUITY CROWDFUNDING MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan internet, proses pengumpulan dana menjadi lebih modern dengan ruang lingkup yang lebih besar yang dikenal dengan istilah crowdfunding. Terlebih dengan munculnya perusahan-perusahan yang fokus pada financial technology dan meningkatnya minat investasi pada generasi millenial, crowdfunding khususnya yang berbasis investasi menjadi salah satu tujuan investasi yang menarik. Santara sebagai perusahaan equity crowdfunding pertama berizin OJK berusaha membuat platform investasi dengan tujuan pengembangan UKM yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model bisnis Santara saat ini dengan Business Model Canvas dan memberikan rekomendasi Business Model Canvas yang baru untuk ditawarkan ke Santara. Metode penelitian ini menggunakan mixed methods dengan model desain concurrent embedded. Teknik pengumpulan data kualitatif dengan melakukan wawancara dengan 5 narasumber dan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada 8 narasumber di Santara. Teknik analisis data menggunakan reduction, data display, conclusion serta analisis SWOT dari hasil kuesioner dengan menggunakan Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sembilan blok Business Model Canvas ada tujuh blok Business Model Canvas yaitu customer segment, value proposition, channel, customer relationship, key activity, key partnership dan cost structure yang ada penambahan pada blok bangunan masing-masing.

Original languageIndonesian
Pages (from-to)3065-3079
JournalSyntax Literate : Jurnal Ilmiah Indonesia
Volume6
Issue number6
DOIs
Publication statusPublished - Jun 2021

Keywords

  • equity crowdfunding
  • financial technology
  • model bisnis
  • business model canvas

Cite this