Analisis Konten Media Detik.com, Kompas, dan Tempo Terhadap Pemberitaan Debat Ke-3 Cagub dan Cawagub Pilkada DKI Jakarta Pada Tanggal 11 Februari 2017

Pijar Suciati, Yoana Retno Purnamaningtyas, Mareta Maulidiyanti, Amelita Lusia

Research output: Contribution to conferencePaper

Abstract

Kelahiran media online tak lepas dari booming m edia online yang terjadi di luar negeri pada pertengahan 1990-an. Orang melirik media online karena ada kejenuhan di pasar media cetak pasca reformasi 1998. Jurnalisme online semakin diminati, hal ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan kecenderungan orang yang lebih memilih hal-hal praktis, seperti kemudahan membaca berita online melalui gadget yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Portal berita online detik.com, kompas.com, dan tempo.co menempati posisi 20 media terpopuler di Indonesia (alexis.com). Berita politik adalah salah satu jenis berita yang diminati pembaca berita online di Indonesia. Berita politik yang mendapat sorotan di awal 2017 adalah berita tentang pemilihan gubernur DKI Jakarta. Sebelum pemilihan umum, KPU melakukan debat tiga calon gubernur dan wakil gubernur, dengan tujuan untuk mendidik para pemilih agar bisa memilih dengan bijak sesuai pilihan hati mereka. Saat debat terakhir (debat ke-3) terjadi, portal berita online ramai meluncurkan berbagai jenis berita mengenai debat tersebut. Dari kasus ini, peneliti menganalisis isi dari 3 media online yang melaporkan debat ketiga Pemilu DKI Jakarta 2017 pada tanggal 11 Februari 2017. Metodologi yang digunakan adalah pemantauan media (media monitoring), dengan menggunakan variabel: Jumlah Pemuatan Berita, Ketepatan Pesan, Perkembangan Distribusi Berita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fokus dan keseimbangan berita di media online yang berkaitan dengan debat ke-3 pilkada DKI Jakarta sebagai sumber utama penentuan program atau pernyataan konfirmasi bagi dunia kehumasan politik. Salah satu data dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berita di 3 media online paling populer di Indonesia (detik.com, kompas.com, dan tempo.co) tentang debat terakhir gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2017 adalah; 89% terfokus dan 45,5% seimbang. Hasil ini menandakan kurang seimbangnya portal berita online tersebut memberitakan sebuah tayangan politik, meskipun beritanya sudah sangat terfokus.
Original languageIndonesian
Publication statusPublished - 2018
EventProsiding Seminar Nasional Jambore Nasional Komunikasi II - 2018 - ID, Jakarta, Indonesia
Duration: 1 Jan 2018 → …

Conference

ConferenceProsiding Seminar Nasional Jambore Nasional Komunikasi II - 2018
CountryIndonesia
CityJakarta
Period1/01/18 → …

Keywords

  • Media content analysis, online media, political news.

Cite this

Suciati, P., Purnamaningtyas, Y. R., Maulidiyanti, M., & Lusia, A. (2018). Analisis Konten Media Detik.com, Kompas, dan Tempo Terhadap Pemberitaan Debat Ke-3 Cagub dan Cawagub Pilkada DKI Jakarta Pada Tanggal 11 Februari 2017. Paper presented at Prosiding Seminar Nasional Jambore Nasional Komunikasi II - 2018, Jakarta, Indonesia.