Analisis Implementasi Kebijakan Harga Minimum Industri Rokok di Indonesia

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Perusahaan besar mempunyai kekuatan finansial untuk memainkan strategi harga sehingga dapat mengancam eksistensi perusahaan kecil dalam pasar. Dalam hal ini, Pemerintah menerapkan kebijakan harga minimum untuk melindungi pengusaha kecil dari persaingan harga yang tidak sehat. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui korelasi implementasi kebijakan harga minimum terhadap strategi harga di industri rokok. Dengan menggunakan data panel berupa survei harga transaksi pasar DJBC periode 2015–2019 yang meliputi 199 merek rokok di 25 wilayah provinsi Indonesia dan random effect model, hasil studi ini menemukan bahwa implementasi kebijakan harga minimum (HTP 85%) secara signifikan berkorelasi positif terhadap selisih harga pada semua jenis dan golongan rokok.

Original languageIndonesian
JournalJurnal Ekonomi dan Pembangunan Indonesia
Volume23
Issue number1
Publication statusPublished - 31 Jul 2023

Cite this