Analisis Hubungan Opini Pelaksanaan Perlindungan Covid-19 dengan Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan di Ruang Rawat Jalan RSUD Kota Bogor Tahun 2021

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Pandemic Covid-19 yang telah menjadi masalah Kesehatan di Indonesia bahkan di dunia, dimana kasus terkonfirmasi 10 Maret 2021 menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 117.332.262 kasus terkonfirmasi dan sebanyak 2.605.356 kasus kematian di seluruh dunia. Di Indonesia juga terjadi peningkatan kasus dari bulan ke bulan, dimana hal ini tentunya menjadi tantangan yang besar bagi sistem pelayanan kesehatan. Banyaknya rumah sakit yang dijadikan sebagai pusat rujukan tentu membuat rumah sakit harus memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien. Salah satu rumah sakit yang mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien karena dampak adanya Covid-19 ini adalah RSUD Kota Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan pelaksanaan perlindungan COVID-19 dengan persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan di ruang rawat jalan RSUD Kota Bogor tahun 2021. Adapun subvariabel yang diambil adalah penggunaan masker dan kebersihan dan kesterilisasian RSUD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei cross-sectional dengan sampel yang diambil adalah sejumlah 436 responden. Hasil penelitian ini adalah Hasil analisis data yang dilakukan pada dua subvariabel perlindungan covid-19 masing masing adalah ada hubungan yang kuat antara subvariabel penggunaan masker dengan kulitas layanan dan ada hubungan yang kuat antara subvariabel kebersihan dan kesterilisasian RSUD dengan Kualitas pelayanan
Original languageIndonesian
Pages (from-to)2366-2374
JournalJurnal Medika Hutama
Volume3
Issue number2
Publication statusPublished - 15 Jan 2022

Cite this