Abstract
Pendahuluan: Klaim pending pada pelayanan BPJS Kesehatan dapat berdampak pada terganggunya cash flow rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab penundaan klaim (claim pending) pada pelayanan BPJS di Era JKN.
Metode: Pencarian literatur sistematis dilakukan pada basis data Google Scholar dan Pubmed untuk artikel dalam 7 tahun terakhir. Penelusuran berdasarkan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses) dan kriteria PICO. Penulusuran artikel dengan boolean operator dengan kata kunci: “Pending claim” AND “BPJS” OR “health insurance” OR “claim return”.
Hasil: Didapatkan sebanyak 5 artikel yang layak dikaji sistematis. Seluruh artikel sepakat bahwa penundaan klaim BPJS disebabkan paling sering karena adanya diskrepansi dokumen untuk memenuhi syarat pengklaiman BPJS dan kurangnya kelengkapan dokumen administrasi kepesertaan ataupun pelayanan. Hal ini disebabkan karena keterbatasan wawasan mengenai klaim BPJS, keterbatasan sumber daya manusia dalam tim case-mix, SOP yang belum jelas serta sarana dan prasarana yang belum memadai.
Simpulan: Semua faktor dari input dan proses sangat mempengaruhi output dalam hal ini terjadinya penundaan klaim BPJS. Untuk mengurangi kerugian dan beban Rumah Sakit yang lebih besar lagi, solusi perlu segera diterapkan untuk masing-masing komponen tersebut yang masih mengalami kendala.
Metode: Pencarian literatur sistematis dilakukan pada basis data Google Scholar dan Pubmed untuk artikel dalam 7 tahun terakhir. Penelusuran berdasarkan PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses) dan kriteria PICO. Penulusuran artikel dengan boolean operator dengan kata kunci: “Pending claim” AND “BPJS” OR “health insurance” OR “claim return”.
Hasil: Didapatkan sebanyak 5 artikel yang layak dikaji sistematis. Seluruh artikel sepakat bahwa penundaan klaim BPJS disebabkan paling sering karena adanya diskrepansi dokumen untuk memenuhi syarat pengklaiman BPJS dan kurangnya kelengkapan dokumen administrasi kepesertaan ataupun pelayanan. Hal ini disebabkan karena keterbatasan wawasan mengenai klaim BPJS, keterbatasan sumber daya manusia dalam tim case-mix, SOP yang belum jelas serta sarana dan prasarana yang belum memadai.
Simpulan: Semua faktor dari input dan proses sangat mempengaruhi output dalam hal ini terjadinya penundaan klaim BPJS. Untuk mengurangi kerugian dan beban Rumah Sakit yang lebih besar lagi, solusi perlu segera diterapkan untuk masing-masing komponen tersebut yang masih mengalami kendala.
Original language | Indonesian |
---|---|
Journal | Medicina : Jurnal Ilmiah Kedokteran |
Volume | 54 |
Issue number | 1 |
DOIs | |
Publication status | Published - 15 Jan 2023 |
Keywords
- Pending claim
- BPJS
- health insurance
- claim return