Analisis Faktor-Faktor yang Menentukan Keberhasilan Penerapan Kurikulum 321 pada Pendidikan Vokasi

Research output: Contribution to conferencePaperpeer-review

Abstract

Pendidikan vokasi di Indonesia masih dianggap sebagai pendidikan penunjang atau pendidikan kelas dua, dan bukan yang utama. Hal yang sebaliknya terjadi di Jerman, dan Australia dimana pendidikan kejuruan (vokasi), sudah dilaksanakan dengan sangat baik. Perhatian penuh industri yang bekerja sama dengan pemerintah untuk meningkatkan kualitas lulusan pendidikan kejuruan, belajar dari proses kerja, dimana mengharuskan para mahasiswa untuk belajar di dua tempat, yaitu di kampus dan di industri, diterimanya standar nasional yang dipatuhi sebagai acuan proses, serta dimilikinya staf pengajar dan instruktur yang berkualitas merupakan faktor-faktor penentu keberhasilan pendidikan kejuruan di negara-negara tersebut. Saat ini di Indonesia sedang diupayakan agar lulusan vokasi memiliki kompetensi dan daya saing yang tinggi dengan diterapkannya kurikulum 321, yaitu tiga semester aktif di kampus, dua semester di industri, dan satu semester akhir di kampus atau industri. Keberhasilan penerapan kurikulum 321 akan sangat menentukan keberhasilan program pendidikan vokasi di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu dengan melakukan studi literatur. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa keberhasilan penerapan kurikulum 321 harus didukung oleh beberapa hal, seperti: keterlibatan industri dalam mendesain kerangka pendidikan, terdapat dual sistem pendidikan, yaitu di industri dan kampus, terdapatnya standar nasional pendidkan vokasi, serta terdapatnya staf pengajar dan instruktur yang kompeten (berkualitas).
Original languageIndonesian
Publication statusPublished - 2018
EventProsiding Seminar Nasional Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia - ID, Bengkulu, Indonesia
Duration: 1 Jan 2018 → …

Conference

ConferenceProsiding Seminar Nasional Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia
Country/TerritoryIndonesia
CityBengkulu
Period1/01/18 → …

Keywords

  • Pendidikan vokasi, kurikulum 321, faktor-faktor penentu keberhasilan.

Cite this