Analisis Determinan Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Puskesmas

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Puskesmas selaku unit pelayanan publik dibawah Dinas Kesehatan yang adil, akuntabel dan transparan, membutuhkan keterlibatan masyarakat. Keberhasilannya adalah kepuasan masyarakat. Peraturan Menteri PANRB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat pada unit pelayanan publik. Survei Kepuasan masyarakat untuk tujuan mencapai derajat kesehatan yang optimal dapat tercapai. Adapun tujuan analisis determinan hasil survei kepuasan masyarakat dilakukan untuk melihat hubungan determinan terkait hasil survei tersebut; Metode: Penelitian ini menggunakan analisis hasil survei kepuasan masyarakat dan faktor determinan yang mempengaruhinya sesuai pedoman, Hasil: masih ada masyarakat belum mengetahui produk pelayanan Kesehatan di puskesmas, perlunya peningkatan kapasitas petugas dan perubahan perilaku petugas Kesimpulan : faktor yang mempengaruhi hasil survei kepuasan masyarakat adalah pentingnya pengetahuan produk pelayanan, sarana prasarana dan peningkatan kapasitas petugas

Original languageIndonesian
Pages (from-to)7817–7831
JournalInnovative: Journal Of Social Science Research
Volume4
Issue number3
Publication statusPublished - 28 May 2024

Keywords

  • Kepuasan masyarakat
  • puskesmas
  • pelayanan publik

Cite this