AN ANALYSIS OF THE HEALTHCARE CENTER SYSTEM AS A GATEKEEPER IN 2018

Septiana Maharanti, Puput Oktamianti

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Dalam managed care, pelayanan primer bertugas sebagai gatekeeper, dan keberhasilannya dinilai dari tingginya angka kunjungan dan angka rujukan. Di tahun 2016, Puskesmas Kota Tangerang memiliki pencapaian yang tidak sesuai dengan target yang ditetapkan oleh BPJS Kesehatan, karena tingkat kunjungan hanya mencapai 41‰, idealnya >150‰; dan rasio rujukannya sebesar 29%, sedangkan idealnya adalah 10%. Selain itu, sebagian besar Puskesmas memiliki rasio rujukan nonspesialistik diatas 5% yang berarti berada di zona tidak aman. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sistem pelayanan puskesmas sebagai gatekeeper di Kota Tangerang pada tahun 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara mendalam, telaah dokumen dan observasi. Penelitian dilakukan di Puskesmas Pedurenan dan Puskesmas Pabuaran Tumpeng dari bulan Mei-Juni 2018. Dari penelitian ini ditemukan bahwa output angka kontak masih rendah. Pada variabel proses, yang menyebabkan angka kontak rendah adalah angka first contact, continuity, dan comprehensiveness yang rendah, serta proses pendaftaran pasien yang masih rumit. Sedangkan pada variabel input yang menjadi masalah adalah kurangnya sumber daya manusia.
Original languageEnglish
JournalJournal of Indonesian Health Policy and Administration
Volume3
Issue number2
DOIs
Publication statusPublished - 2018

Fingerprint

Dive into the research topics of 'AN ANALYSIS OF THE HEALTHCARE CENTER SYSTEM AS A GATEKEEPER IN 2018'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this