Adaptasi Kuesioner Satisfaction Scale for E-Learning Process Versi Indonesia: Evaluasi Kepuasan Mahasiswa terhadap Pembelajaran 4C/ID

Translated title of the contribution: Adaptation of The Indonesian Version of Satisfaction Scale fo rE-Learning Process: Evaluation of Students’ Satisfaction towards 4C/LD Learning

Research output: Contribution to journalArticlepeer-review

Abstract

Model 4C/ID adalah desain instruksional yang menciptakan lingkungan pembelajaran berbasis keseluruhan tugas. Kuesioner Satisfaction Scale for e-Learning Process merupakan kuesioner untuk mengukur kepuasan peserta didik terhadap proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan adaptasi kuesioner Satisfaction Scale for e-Learning Process versi bahasa Indonesia. Penelitian terdiri atas empat tahap yaitu forward translation, backward translation, expert review, dan pilot study. Forward translation adalah penerjemahan kuesioner ke bahasa Indonesia oleh penerjemah bersertifikat. Backward translation merupakan penerjemahan kembali kuesioner ke bahasa Inggris oleh penerjemah yang berbeda. Expert review adalah proses validasi konten oleh 8 orang ahli menggunakan skala CVI dan S-CVI. Pilot study dilakukan terhadap 30 mahasiswa yang dipilih secara acak. Forward dan backward translation menunjukkan kesesuaian maksud dengan kuesioner aslinya. Nilai I-CVI menunjukkan bahwa 28 butir kuesioner valid (skor >0,75), dan satu butir tidak valid (skor <0,75). Nilai S-CVI (skor ≥0,90) menunjukkan bahwa keseluruhan kuesioner adalah valid. Kuesioner Satisfaction Scale for e-Learning Process versi bahasa Indonesia adalah valid, sehingga dapat digunakan sebagai instrumen untuk mengevaluasi penerapan model 4C/ID pada pembelajaran keterampilan klinis secara daring.

Translated title of the contributionAdaptation of The Indonesian Version of Satisfaction Scale fo rE-Learning Process: Evaluation of Students’ Satisfaction towards 4C/LD Learning
Original languageIndonesian
Pages (from-to)169-77
JournaleJournal Kedokteran Indonesia
Volume9
Issue number3
DOIs
Publication statusPublished - 31 Jan 2022

Keywords

  • model 4C ID
  • adaptasi kuesioner
  • kepuasan mahasiswa

Fingerprint

Dive into the research topics of 'Adaptation of The Indonesian Version of Satisfaction Scale fo rE-Learning Process: Evaluation of Students’ Satisfaction towards 4C/LD Learning'. Together they form a unique fingerprint.

Cite this