Pengelolaan Bisnis "Wellness Tourism" di Indonesia

Press/Media

Description

INDONESIA kaya akan alam, budaya, dan sejarah, lebih dari 17.000 pulau yang sudah berpenghuni dan tidak berpenghuni, lebih dari 300 ragam etnis dan 718 keanegaragaman Bahasa daerah. Selain itu, Indonesia sangat terkenal sebagai negeri rempah penghasil cengkeh, lada, kayumanis, pala, dan lainnya, yang masing-masing kaya manfaat. Sehingga, tidak ada alasan ketika pariwisata Indonesia tidak bisa melakukan pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan wisatawan. Salah satu produk wisata yang sedang dikembangkan di banyak negara, termasuk di Indonesia, yakni wellness tourism. Wellness tourism merupakan kegiatan perjalanan seseorang yang keluar dari tempat tinggal biasanya ke suatu destinasi wisata untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental mereka. Menurut Global Wellness Institute, setiap negara sudah memetakan jenis tradisi wellness yang dikembangkan. Singapura menawarkan urban wellness, healthy restaurant, sound healing. Rusia menawarkan Banya. Thailan menawarkan medical wellness, thai massage, SPA dan medical tourism. Indonesia menawarkan jamu herbal medicine, balinese massage, essential oils, dan lainnya.  Indonesia menempati peringkat 218 di seluruh dunia dengan total 3,3 juta wisatawan yang melakukan perjalanan terkait wellness tourism, baik dari tamu luar negeri maupun domestik. Wellness tourism dikembangkan di tiap negara sesuai karakteristik negara masing-masing. Kegiatan wisata ini bertujuan agar manusia dapat lebih meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit dan memperoleh keseimbangan kesehatan antara pikiran, jiwa, dan tubuh melalui kegiatan wisata. Indonesia sebagai daerah tujuan wisata memiliki potensi berbagai jenis kegiatan wellness tourism seperti perawatan lulur dengan bahan rempah, jamu herbal, kuliner tradisional, SPA, yoga dengan pemandangan alam dan lainnya. Menurut GWI (2022), Indonesia menawarkan berbagai jenis pengalaman penyembuhan bagi pikiran, tubuh dan jiwa. Destinasi wellness tourism di Indonesia antara lain di Bali dengan SPA, kuliner herbal, melukat, akomodasi mewah dan ramah lingkungan. Solo terkenal dengan tradisi aromaterapi, tanaman obat jamu sebagai obat herbal tradisional Indonesia. Yogyakarta terkenal dengan yoga, kuliner Nusantara, mengunjungi home industry pembuatan jamu tradisional serta mengunjungi candi untuk mempelajari sejarah dan meditasi di sekitar candi. Pengelolaan bisnis di bidang pariwisata, khususnya pada bidang wellness tourism tidak dapat sukses secara mandiri tanpa melibatkan pihak lainnya.

Bermitra dengan masyarakat lokal merupakan salah satu kunci yang perlu dilakukan agar dapat mengintegrasikan kegiatan wellness tourism dengan budaya lokal setempat. Dengan demikian, tidak hanya memperoleh kepuasan pelanggan, tetapi juga dapat mendukung pertumbuhan ekonomi warga setempat. Pengelolan kegiatan wellness tourism perlu memperhatikan kualitas SDM agar dapat memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Setiap karyawan perlu melakukan pengembangan diri dengan peningkatan pengetahuan dengan cara pelatihan berkelanjutan. Harapannya, karyawan dapat mengetahui perkembangan terbaru terkait bidang yang ditekuni sehingga berdampak pada pengalaman terbaik bagi pelanggan. Pengembangan bisnis wellness tourism tidak bisa terlepas dari penggunaan teknologi dan inovasi sebagai cara untuk meningkatkan pengalaman kepada para pelanggan. Teknologi dapat digunakan untuk mengelola reservasi tamu yang terintegrasi, melakukan promosi sehingga dapat meningkatkan efisiensi. Meski demikian, kesuksesan produk wellness tourism di Indonesia tidak boleh terlepas dari unsur berkelanjutan di dalam pengelolaannya. Pembangunan pariwisata berkelanjutan merupakan keadaan yang diidealkan, memerlukan keseimbangan pembangunan ekonomi dengan pertimbangan ekonomi, sosial, dan lingkungan. Pembangunan pariwisata yang berkelanjutan perlu memperhatikan jangka panjang dari dampak pengembangan kegiatan wisata tersebut agar memiliki dampak ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan. Dengan memperhatikan berbagai faktor di atas, pengelolaan bisnis wellness tourism di Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lainnya yang juga fokus pada pengembangan bisnis bidang ini.


Editor : Sandro Gatra

Subject

Travel

Period19 Oct 2023

Media contributions

1

Media contributions

  • TitlePengelolaan Bisnis "Wellness Tourism" di Indonesia
    Media name/outletkompas.com
    Country/TerritoryIndonesia
    Date19/10/23
    PersonsAnisatul Auliya