Description
Pandemi COVID-19 telah berdampak signifikan padakehidupan masyarakat dunia. Pada waktu yangsama muncul kewaspadaan akan berbagai penyakitinfeksi lainnya, salah satunya akibat perubahan iklimyang berpotensi memunculkan wabah berikutnya.Disrupsi yang luar biasa dapat membuat sistemkesehatan masyarakat yang kuat menjadi kolaps.Dengan demikian, sebagai bagian dari upayamewujudkan global health system resilience danmeningkatkan pandemic prevention, preparedness& responses (PPR), peningkatan literasi kesehatanperlu dilakukan. Peningkatan literasi kesehatanmenjadi bagian dari upaya kesehatan masyarakat.Literasi kesehatan harus dikembangkan sejakdini karena berhubungan dengan adopsi perilakuhidup sehat pada masa remaja dan dewasa. Namundemikian, literasi kesehatan pada anak usia sekolah,khususnya terkait penyakit infeksi atau menular,masih kurang diteliti. Upaya peningkatan literasikesehatan pada anak usia sekolah juga masihterbatas. Salah satu yang direkomendasikan adalahpendekatan School Promoting Health atau A WholeSchool Approach. Indonesia sendiri sebenarnyasudah memiliki Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).Meskipun secara konsep, aktivitas UKS sudahlengkap mencakup edukasi kesehatan, pelayanan kesehatan dan pengembangan lingkungan sekolahyang sehat. Namun, pada prakteknya masih banyakketerbatasan dari segi sumber daya manusia,sarana dan prasarana, serta infrastruktur. Berbagaimateri edukasi juga sudah disiapkan oleh UKS,namun penggunaan dan efektivitasnya belumpernah dilaporkan.Hasil scoping review terhadap 11 artikelyang melaporkan penelitian empiris mengenaiintervensi peningkatan literasi kesehatan anak usiasekolah terhadap penyakit infeksi memperlihatkanbahwa berbagai upaya edukasi sesaat dalambentuk workshop, pembuatan booklet dan laguanak-anak sudah dikerjakan. Walaupun upayaini memperlihatkan peningkatan pengetahuananak, sebelum dan sesudah intervensi, namunretensi jangka panjang belum dapat dibuktikandan keberlanjutan program sesaat seperti inisulit untuk dipastikan. Dengan demikian, perludilakukan integrasi pendidikan literasi kesehatanke dalam kurikulum formal anak usia sekolah danpeningkatan kapasitas guru melalui modul pelatihanatau sertifikasi. Selain itu revitalisasi UKS jugamenjadi salah satu rekomendasi agar pendekatanHealth Promoting School yang sesungguhnyadapat terwujudPeriod | 15 Jun 2022 |
---|---|
Event title | UI International Conference on G20 |
Event type | Conference |
Location | JakartaShow on map |
Degree of Recognition | International |