Alternatif Model Bisnis UMKM pada Sektor Digital dan Penciptaan Iklim PersainganUsaha Sehat Bisnis E-Commerce di Indonesia

Activity: Other activitiesPolicy Paper (Naskah Akademik)

Description

Infrastruktur digital Indonesia cukup mumpunidengan 73,7% tingkat penetrasi Internet jaringan3G, 4G, dan 5G (Kemp, 2022). Infrastrukturtersebut membuat layanan digital semakin mudahdiakses. E-commerce menjadi salah satu situsyang sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia(Kemp, 2022). Fakta tersebut membuat sektordigital menjadi salah satu kesempatan baru bagipara pelaku UMKM. Dari 64,2 juta UMKM, 24%telah memanfaatkan penggunaan e-commerce(Kementerian Koperasi dan UKM, 2020).Walau begitu, tantangan baru muncul bagipara pelaku UMKM seperti adanya isu predatorypricing. UMKM pada ekosistem e-commerce terkenabiaya hingga 0,5-15% dari total harga barang yangdijual. Di sisi lain, pemain besar dari luar negeridapat memberikan potongan harga tinggi sehinggaproduk yang dijualnya menjadi sangat murahdibandingkan dengan produk UMKM Indonesia.Sehingga tidak mengherankan jika 48,74%UMKM menyatakan bahwa kendala utama dalammenggunakan e-commerce adalah kurangnyapermintaan (Badan Pusat Statistik, 2020).Dari segi logistik, kebijakan yang ada belummembantu meningkatkan daya saing UMKM memanfaatkan freight forwarder yang melibatkanpihak ketiga sebagai penyalur barang dalam jumlahbesar ke negara tujuan. Peran pihak ketiga tersebutditambah dukungan penuh pemerintah terbuktimembuat biaya pemasaran menjadi lebih efisien.Di Indonesia, beberapa perusahaan pihak ketigaseperti Sirclo dan Iruna menawarkan bantuanbagi UMKM agar dapat bersaing di ekosisteme-commerce. Walau begitu, pihak ketiga ini belumterlalu dimaksimalkan perannya baik oleh pelakuusaha maupun oleh pemerintah.Tujuan penelitian ini adalah menganalisiskesenjangan regulasi pemerintah di Indonesiadengan best practice UMKM Cina yang suksesmemasarkan produknya melalui e-commerceseperti Taobao, Alibaba, dan Aliexpress. Beberaparekomendasi kebijakan kemudian dirumuskansesuai dengan kesenjangan yang ditemukan yaitumembentuk kerja sama dengan marketplace dariIndonesia, memberi subsidi biaya pengirimanproduk UMKM, mengintervensi besaran biaya yangdikenakan kepada UMKM, mendorong kerja samaUMKM dengan pihak ke-3, dan mengedepankanfair playing field dan anti-predatory pricing
Period15 Jun 2022
Event titleUI International Conference on G20
Event typeConference
LocationJakartaShow on map
Degree of RecognitionInternational